Macam-macam manfaat jeruk nipis

 
Jeruk nipis sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jeruk nipis juga banyak terdapat di pekarangan kita. Sudah dari dulu buah jeruk nipis terkenal akan khasiat dan kegunaanya. Buah yang satu ini memang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C serta antioksidan yang tinggi. Berikut ini beberapa manfaat dari Jeruk Nipis yang perlu anda ketahui :
1.       Mengobati Batuk
Caranya : ambil jeruk nipis cuci hingga bersih, potong kemudian peras. Campur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata. Diminum 2-3 kali sehari hingga sembuh.

2.       Mengatasi Bau Badan Tak Sedap
Potong jeruk nipis, cari yang cukup besar menjadi 2 bagian. Olesi bagian irisan dengan paur sirih tipis saja, oleskan ke ketiak setelah habis mandi, biarkan 3-5 menit lalu bilas, lakukan 2kali sehari.

3.       Mengatasi jerawat
Potong jeruk nipis gosokkan pada kulit wajah yang berjerawat.

4.       Mengobati Demam/Flu
Jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3-4 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok minyak kelapa, oleskan pada kening penderita.

5.       Mencegah rambut Rontok dan ketombe
Ambil 2 buah jeruk nipis potong menjadi 3 bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk atau kain semalaman, keramas pada pagi harinya, lakukan ini rutin 2 -3 kali seminggu.

6.       Membantu dalam pengangkatan sel kulit mati

7.       Radang tenggorokan
Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu diperas. Seduh air perasannya dengan ½ cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Gunakan air ini untuk berkumur baik selagi air masih hangat.
 
Dan mungkin masih banyak lagi manfaat yang belum ditulis disini. Silahkan bisa mencari di sumber yang lain. Semoga bermanfaat.

Comments