Macam-macam Manfaat Kulit Pisang

Buah pisang, buah yang satu ini tentunya telah akrab dengan kita, khususnya orang Indonesia atau lebih khusus lagi di daerah saya Cilacap, Jawa Tengah. Disini anak bayi sudah diberi makan pisang, karena itulah buah pisang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat disini.
Disamping buahnya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata kulitnya pun banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.
Berikut ini ada beberapa manfaat dari kulit pisang: 
1. Sebagai obat sakit kepala dan migrain 
Hindari pemakaian obat kimia berlebihan, mungkin anda bisa mencoba cara herbal. Jika anda mengalami sakit kepala perlu mencoba pengobatan menggunakan kulit pisang.
caranya : ambil kulit pisang secukupnya lalu tumbuk sampai halus setelah itu tempelkan ke bagian dahi.

2.  Menjaga Kesehatan Kulit
Kita bisa memanfaatkan kulit pisang untuk mengatasi kulit kering, kulit pisang mampu melembabkan dan mengencangkan kulit kita.
Caranya : ambil kulit pisang secukupnya, lalu gosokkan ke bagian wajah atau mana saja yang diinginkan, biarkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

3. Menghilangkan Kutil
Bagi yang memiliki koleksi kutil bisa mencoba kulit pisang untuk mengobatinya, cukup dengan menempelkan kulit pisang diatas kutil (rutin) diamkan 15 menit lalu bilas.
 

4. Obat Jerawat 
Jerawat di wajah memang sangat mengganggu, cobalan anda ambil kulit pisang, gosok-gosokan pada bagian wajah yang berjerawat, lakukan secara rutin.

5. Mengobati Masalah Gigitan Nyamuk
Bekas gigitan nyamuk biasanya meninggalkan bekas merah, gatal bahkan iritasi, kulit pisang mampu mengurangi itu semua, caranya : gosokkan kulit pisang ke bagian yang terkena gigitan nyamuk

6. Memutihkan Gigi 
Kandungan yang ada pada kulit pisang mampu mejadikan kulit tampak lebih putih dan bersih.
Caranya: Anda gosokkan kulit pisang ke seluruh gigi anda, lalu setelah itu bersihkan dengan sikat gigi seperti biasa. Lakukan kegiatan ini selama kurang lebih 2 minggu, lihat hasilnya.

7. Pakan Ternak 
Apabila anda memiliki ternak seperti kambing, sapi atau kelinci dan anda memiliki banyak kulit pisang, berikan saja kepada ternak anda, dijamin mereka akan makan dengan senang hati.    

Semoga bermanfaat, selamat mencoba

Comments